Welcome

Welcome

Senin, 14 Mei 2012

Format proposal kegiatan kunjungan

Setelah sebelumnya saya telah membuat http://smile-eryege.blogspot.com/2011/03/format-laporan-praktikum.html, dalam postingan kali ini, saya akan coba share format proposal kegiatan. Jadi suatu waktu saya dan kelompok saya mendapat tugas untuk membuat proposal kegiatan kunjungan ke suatu rumah sakit. Wah, itu pengalaman pertama mendapat tugas membuat proposal kegiatan untuk kunjungan, sebelumnya saya hanya diasah untuk membuat proposal kegiatan yang berkaitan dengan dana, sempat juga kepikiran "apa formatnya sama dengan proposal penelitian yah?". Tanya sana-sini, melewati serangkaian pemikiran yang ngejlimet akhirnya tersusunlah sebuah proposal kegiatan dengan format sebagai berikut:

Cover
Seperti halaman cover pada umumnya, termuat judul, logo, penyusunnya, dan terakhir dari jurusan/semester//instansi kamu//tahun pembuatan proposal. Sebagai contoh judul yg saya maksud:
                    PROPOSAL KEGIATAN
STUDI PEMBELAJARAN MANAJEMEN LIMBAH
    DI RUMAH SAKIT XXXXX, BANJARMASIN


Sebenarnya judul yang baik akan memuat "apa, dimana, kapan".





Isi


Setelah cover saya tidak memasukkan daftar isi ataupun prakata, karena saya membuatnya lebih simpel, jadi setelah cover saya langsung masuk ke isi proposal, yaitu:


  • Latar Belakang
          Dalam latar belakang saya memasukkan hal-hal yang mendasari dari diadakannya kegiatan ini. Bisa saja memasukkan teori mengenai hal yang berkaitan dengan kegiatan yang akan dilaksanankan. Baik itu didapat dari hasil kajian pustaka. Diakhir pembahasan muncul hal yang membuat bertanya/ melatarbelakangi kegiatan ini yang untuk dilakukan, dan berharap akan terjawab dengan kegiatan tersebut. 
  • Tujuan
          Nah, dalam tujuan ini kurang lebih sama dengan tujuan pada makalah. Saya masukkan tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum adalah garis besar tujuan dari kegiatan tersebut. Sedangkan dalam tujuan khusus, kamu bisa perinci secara spesifik hal-hal yang menjadi tujuan kegiatan. (analoginya: Umum misal Buah, khusus misal pisang, pepaya, dll) 
  • Kegiatan
          Apa jenis kegiatan kamu. Misalnya kunjungan ke bla bla bla untuk bla bla bla.
  • Tempat dan waktu kegiatan
          Jabarkan tempat, hari, tanggal.
  • Peserta kegiatan
          Siapa saja yang akan mengikuti kegiatan tersebut. kamu bisa menjabarkannya dalam lampiran.
  • Penutup
          Akhiri dengan kata penutup. Sertakan tempat, tanggal pembuatan. Terakhir tanda tangan peserta (atau yang mewakili, kalau peserta banyak tanda tangan semua ribet juga) dan tanda tangan penanggungjawab atau pembimbing kegiatan tersebut.

Lampiran
Pada lampiran kamu bisa melampirkan hal-hal yang dianggap perlu. Misalnya kamu ingin melampirkan daftar nama-nama peserta kegiatan.

Demikian format proposal kegiatan dari pengalaman saya, mudahkan. Tinggal dijilid deh. Selamat mencoba. Kritik & saran ditunggu, siapa tau ada informasi-informasi yang salah atau perlu ditambahkan. Terima kasih telah mampir ke blog sederhana saya. =)









0 komentar:

Posting Komentar

Print out

Translet

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified